Tolong Ustadz, Suamiku Maniak Game!!

⛔❌🌷 UNTUK PARA SUAMI YANG SUKA MAIN GAME

✍ Dijawab oleh Ustadz Zuhair Syarif Hafizhahullah

❓ Pertanyaan:

Bismillah.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh.
Saya adalah seorang istri yang telah dikaruniai satu orang anak. Suami saya seorang ikhwah, namun disisi lain saya malu memilikinya. Karena dia masih sering lalai dengan waktunya. Seperti main hp. Hobi sekali main game . Game yang sedang terkenal jaman ini.

Setiap pulang sholat subuh dirumah main game, pulang dari kerja di waktu pertama lalu main game, pulang kerja sore hari lalu main game. Pulang dari masjid setelah isya, lalu main game lagi. Hingga waktunya sebelum tidur pun masih main game.

Begituu setiap hari pemandangan saya. Sampai-sampai saya sebagai istrinya merasa enek dan bosan. Berkali-kali saya sampaikan untuk tidak lalai dalam hal waktu. Memanfaatkan waktunya dengan hal yang baik dan tidak sia-sia. Namun jawabanya katanya “belajar strategi perang…..” Saya merasa konyol mendengar jawabanya.

Dan disisi lain hati saya sangat merasa sakit. Merasa tak lagi ada perhatianya kepada saya. Diajak bicara pun masih tetap dengan hpnya. Ketika berkumpul ditengah-tengah keluargapun masih sibuk dengan hpnya.

Suami saya memang type orang yang tak suka berbicara. Jangankan sama orang lain. Dengan saya yg seorang istrinya saja tak pernah dia bercerita duluan. Saya suka ngomel sama suami saya, dan saya katakan bahwa saya capek liat dia selalu main game dan game. Saya ingin merasakan keharmonisan rumah tangga, saya ingin kecintaanku padanya semakin mendekatkan saya kepada Allah. Saya ingin dia dekat dengan Allah, yang kemudian diikuti dengan saya. Saya ingin pemimpin yang baik dan berakhlak mulia. Kadang juga telah disampaikan bahwa “Okay, boleh main game. Tapi tolong lihatlah waktunya. Atur, hingga tak menjadi hal yang menyia-nyiakan waktu.” Namun masih saja tidak berubah.

Yang ingin saya tanyakan, Bolehkah seorang salafy main game di hp ? Hukumnya bagaimana? Dan sebagai istri, harus bertindak bagaimana? Ngomel sudah, nasehat secara lembut juga sudah, didiamkan juga sudah. Namun sang suami tak kunjung berubah. Justru skrg suami istri tersebut lebih sering diam-diaman ketimbang berbicara bersama dan lain-lain.

💡 Jawaban :

✔ Hukum permainan pada dasarnya boleh,

❌ kecuali jika terkandung padanya perkara yang haram, maka diharamkan. Seperti game dengan gambar makhluk bernyawa yang seksi dsb. Atau ada dalil tentang larangan Permainan tertentu seperti Permainan dadu, catur. Permainan yang mubah jika bisa melalaikan kewajiban, maka bisa haram dan minimalnya makruh.

🌹 Sikap istri, hendaklah dia datang kepada ustadz atau orang yang disegani suami lantas dia laporkan perihal suaminya dengan tujuan agar ustadz atau orang yang disegani tersebut menasehati suaminya.

📬 Sumber Pertanyaan Via Instagram : @qowwamussunnah (sedikit perubahan redaksi)

⏩ Dipublikasikan || http://t.me/qowwamussunnah

⏩ IG : @qowwamussunnah

🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃